Total Pageviews

Sunday, November 18, 2012

Idul Adha

 Idul Adha merupakan hari raya  umat islam, seluruh umat islam sedunia merayakannya tepat pada tanggal 10 dzulhijjah. Pada tahun ini hari raya idul adha jatuh pada Jumat (26/10/2012). Hari raya ini secara resmi ditetapkan oleh pemerintah setelah mendapatkan persetujuan dari peserta sidang isbat Penentuan awal Dzukhijjah 1433 H yang dipimpin oleh Wakil Menteri Agama.
Hari raya idul adha yang biasa disebut juga idul Qurban ini di warnai dengan ritual penyembelihan hewan Qurban, yang berupa kambing atau sapi. ini semua dilakukan untuk memperingati peristiwa pada saat nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, yang kemudian digantikan dengan domba. Hari raya Idul Adha adalaah saatnya kaum muslim yang memiliki rizki lebih untuk berbagi pada yang kurang beruntung.
Qurban tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. kenapa berbeda?? soalnya tahun ini pemotongan hewan qurban dilakukan di lapangan depan rumahku. Setelah selesai solat ied, aku dan keluarga langsung pergi ke rumah sodara yang tinggal di komplek sebelah. Lalu aku menyempatkan diri melihat pemotongan hewan qurban itu. waktu aku dateng ayah lagi bantuin panitia buat nyembelih kambing sama sapi. kali ini sapi yang disembelih cuma 1 ekor trus kambingnya ada 9 ekor. pasti heran kenapa cuma sedikit,, soalnya penyembelihan ini khusus pengajian ayah. nah kalo yang banyak itu disembelih di masjid. sebenernya ga tega liat hewan-hewan itu dipotong. Tapi mau gimana lagi,itu semua udah perintah allah untuk melakukannya.

Ya Allah. 
Jadikanlah setiap helaan nafas kami sbg bukti cinta kepada’Mu. 
dan pengorbanan kami sebagai bukti kami mendekati’Mu. 
Selamat Hari Raya Idul Adha.

Qurban adalah semangat berbagi.
Damai di hati. Damai di bumi.
Selamat Idul Qurban.

Hampir semua wajah umatMU berseri-seri..
Sebagian karena menikmati daging yang tak pernah mereka nikmati kecuali dihari Raya-MU.
Sebagian umatMU yang lain tersenyum karena menikmati indahnya berbagi pada sesama.
Sebagian karena suka cita kebersamaan yang tercipta.


ini beberapa dokumentasi waktu penyembelihan hewan qurban
kepala sapi yang disembelih




semangat pak motonginnya :)


kepala sapinya berasa bola kali ya,dimainnin gitu


kambing telat nih,pdhl temen-temen kambing lainnya udh di potong semua. 



suasana rumah gue dari jalanan komplek





No comments: